Minggu, 23 Oktober 2016

Penyebab Munculnya Ketombe di Rambut yang Harus Anda Ketahui

Penyebab Munculnya Ketombe di Rambut yang Harus Anda Ketahui

Penyebab Munculnya Ketombe di Rambut yang Harus Anda Ketahui - Munculnya ketombe pada rambut merupakan salah satu masalah rambut yang harus anda perhatikan dan jangan dibiarkan. Jangan sampai ketombe di rambut terus bertambah dan merusak rambut indah anda.

Kemunculan ketombe bisa saja terjadi pada rambut wanita atau pria. Bahkan, anak-anak hingga orang tua pun bisa mengalami hal ini. Maka dari itu, siapapun harus memperhatikan kondisi rambutnya masing-masing.

Dalam dunia media, ketombe disebut juga ptiriasis sika atau dandruff.

Secara kasat mata, ketombe terlihat seperti serpihan putih yang menempel pada kulit kepala dan rambut. Padahal, jika diperhatikan lebih dekat, serpihan itu adalah sel tanduk kulit kepala.

Bagi masyarakat Indonesia, ketombe bukan hal yang baru. Sebagian besar wanita dan pria Indonesia mengalami masalah rambut ini. Hal ini dikarenakan Indonesia memiliki iklim tropis, bersuhu tinggi dan udaranya lembab.

Ketiga hal diatas menjadi faktor timbulnya keringat yang berlebih pada kantung rambut, dan memicu munculnya ketombe.

Penyebab munculnya ketombe


1. Jamur di kulit kepala

Ada beberapa hal yang menyebabkan munculnya ketombe di rambut. Dan penyebab yang pertama adalah tumbunya jamur secara berlebih.

Jamur yang menyebabkan munculnya ketombe adalah jamur Pityrosporum ovale. Jamur ini tumbuh di kulit kepala siapapun.

Sebenarnya, jika jamur itu tumbuh secara normal, tidak akan menimbulkan munculnya ketombe. Tapi, dampak lingkungan dan beberapa faktor lain yang kurang mendukung pertumbuhan jamur ini, maka pertumbuhannya tidak terkontrol.

Sehingga, muncullah ketombe pada rambut. Dan akan merusak keindahan rambut anda.

2. Minyak rambut

Faktor lain yang menjadi penyebab munculnya ketombe adalah penggunaan minyak rambut secara berlebihan.

Untuk meminimalisir atau mungkin untuk mencegah munculnya ketombe, sebaiknya batasi penggunaan minyak pada rambut anda. Apalagi minyak kelapa.

Perlu anda ketahui, minyak kelapa sangat bagus untuk dijadikan media tumbuhnya jamur Pityrosporum ovale. Tapi ya itu, jika pertumbuhan jamur tersebut tidak terkontrol, hal itu dapat berakibat munculnya ketombe di rambut.

3. Gangguan hormon

Hormon yang tidak seimbang bisa menjadi penyebab munculnya ketombe di rambut.

Ketika seseorang mengalami gangguan hormon, maka orang itu akan memproduksi minyak di kepalanya dalam jumlah yang cukup banyak.

Nah, karena minyak inilah yang memicu munculnya ketombe.

Biasanya, gangguan hormon terjadi karena dipengaruhi oleh stres. Masalah yang tidak ada habisnya, atau berbagai macam tekanan yang dialami merupakan beberapa faktor seseorang mengalami stres.

Jadi, usahakan untuk membuat diri anda jauh dari stres.

4. Makanan berlemak tinggi

Faktor makanan yang tidak tepat juga dapat membuat rambut anda berketombe loh.

Jika anda mengonsumsi makanan berlemak tinggi seperti cokelat, mentega, kacang dan lain sebagainya, hal itu dapat membentuk sel sebum. Dimana, sel sebum inilah yang akan menjadi penyebab munculnya ketombe.

Jadi, silahkan pertimbangkan kembali jika ingin mengonsumsi makanan tersebut.

5. Rambut yang lembab

Selain beberapa faktor yang telah dijelaskan diatas, ternyata kondisi rambut itu sendiri bisa menjadi faktor penyebab munculnya ketombe.

Yaitu kondisi rambut yang lembab.

Ya, jika kondisi rambut anda lembab (karena keringat dan air) dalam waktu yang cukup lama, hal itu bisa mengakibatkan munculnya ketombe di rambut. Jadi, sebaiknya segera keringkan rambut anda.

Nah, itulah beberapa penyebab rambut anda berketombe.

Perlu diperhatikan! Jika rambut anda berketombe, sebaiknya jangan dibiarkan. Karena, dikhawatirkan akan berdampak lebih parah dan menimbulkan masalah yang lebih banyak pada kulit kepala.

Misalnya, kulit kepala anda luka karena sering digaruk, terjadi infeksi jamur, bahkan terjadi kerontokan pada rambut anda.

0 komentar

Posting Komentar