Jumat, 21 Oktober 2016

Fungsi dan Bagian-Bagian Rambut yang Wajib Anda Ketahui

Fungsi dan Bagian-Bagian Rambut yang Wajib Anda Ketahui

Fungsi dan Bagian-Bagian Rambut yang Wajib Anda Ketahui - Rambut merupakan bagian tubuh manusia yang berada di kepala. Secara alami, biasanya rambut ada yang berwarna hitam, cokelat, pirang, dan kadang-kadang ada juga yang berwarna putih (uban).

Yang membedakan warna rambut itu biasanya ras. Sebagian besar, orang Asia memiliki rambut hitam. Sementara orang Eropa dan lain sebagainya ada yang memiliki warna rambut cokelat bahkan pirang.

Tapi, meskipun berbeda-beda, rambut tetap memiliki peran dan fungsi yang sama. Untuk lebih jelasnya tentang fungsi rambut, silahkan simak artikelnya di bawah ini.

Fungsi Rambut


1. Fungsi rambut yang pertama adalah untuk melindungi kepala dari panas dan dingin

Pada siang hari, teriknya matahari tentu akan membuat kulit kita mengalami kerusakan. Rasa panas yang diakibatkan sinar ultraviolet akan terasa membakar pada kulit tubuh dan kulit kepala.

Tapi, dengan adanya pakaian, maka kulit tubuh bisa terlindungi dari teriknya matahari. Sementara yang akan melindungi kulit kepala sudah pasti yaitu rambut.

Dengan adanya rambut, kulit kepala akan terlindungi dari paparan sinar matahari di siang hari.

Ketika udara berubah menjadi dingin, rambut juga akan berperan untuk membuat kulit kepala tetap hangat. Helaian demi helaian rambut yang menempel pada kulit kepala akan menghangatkan kepala dan meminimalisir hawa dingin pada tubuh.

2. Fungsi rambut yang kedua adalah untuk menunjang penampilan

Bukan hal aneh lagi jika banyak orang mengatakan "rambut adalah mahkota seseorang".

Ya, rambut memiliki fungsi yang sangat penting untuk menunjang penampilan anda. Dimana, jika rambut anda terlihat rapi dan bersih, tentu saja akan berdampak positif terhadap penampilan anda.

Tapi, jika rambut anda terlihat kusut, lembek, dan lain sebagainya, maka hal itu akan memberikan dampak yang negatif terhadap penampilan anda.

Jadi, silahkan lakukan perawatan secara rutin jika anda memiliki rambut yang kurang baik. Jenis perawatannya banyak, bisa anda lakukan sendiri di rumah atau bisa dilakukan dengan mendatangi salon dan tempat-tempat perawatan rambut lainnya.

Bagian-Bagian Rambut


Apakah anda pernah memperhatikan rambut milik anda sendiri? Bagaimana wujudnya secara kasat mata? Tentu akan terlihat seperti benang, ya kan?

Ternyata, jika kita memperhatikan rambut secara detail, rambut memiliki bagian-bagian penting yang wajib anda ketahui. Setidaknya, berikut ini tiga bagian rambut yang penting untuk diketahui.

1. Ujung rambut

Bagian rambut yang memiliki ujung runcing adalah ujung rambut. Bagian ini bisa anda temukan pada rambut yang baru tumbuh, atau pada rambut yang belum pernah dipotong.

Ciri-cirinya adalah memiliki penampang yang lebih sempit, bahkan paling sempit diantara yang lainnya.

2. Batang rambut

Bagian rambut yang kedua adalah batang rambut. Bagian ini bisa anda lihat seperti benang-benang halus dari zat keratin atau sel-sel tanduk. Nah, bagian batang rambut inilah yang sering berinteraksi dengan sinar matahari, zat-zat kimia, serta polusi udara.

Pada batang rambut, anda akan menemukan tiga bagian yang juga harus anda ketahui. Ketiga bagian tersebut yaitu medula, korteks dan kutikula.

Karena batang rambut merupakan bagian rambut yang palig sering berinteraksi, maka sebaiknya anda sering melakukan perawatan pada bagian ini.

3. Akar rambut

Bagian rambut yang ketiga adalah akar rambut. Bagian rambut yang satu ini berada di dalam kulit jangat, tertanam. Dan bagian ini pula yang akan terus membuat rambut anda tumbuh memanjang.

Akar rambut tertanam di dalam kulit jangat dengan posisi miring. Selama akar rambut tertanam di dalam kulit jangat, maka rambut anda akan terus menerus tumbuh.

Itulah penjelasan singkat mengenai fungsi dan bagian-bagian penting dari rambut yang harus anda ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat!

0 komentar

Posting Komentar