Minggu, 23 Oktober 2016

4 Penyebab Utama Rambut Bercabang yang Harus Anda Perhatikan

4 Penyebab Utama Rambut Bercabang yang Harus Anda Perhatikan

4 Penyebab Utama Rambut Bercabang yang Harus Anda Perhatikan - Rambut bercabang merupakan salah satu masalah rambut yang harus anda perhatikan dengan serius.

Bukan hanya ketombe, ketika anda mengalami rambut bercabang, sebaiknya jangan dibiarkan. Cari solusi atau cara yang tepat untuk mengatasinya.

Biasanya, rambut bercabang ditandai dengan adanya kerusakan pada bagian ujung rambut. Secara kasat mata, ujung rambut akan terlihat bercabang dan berwarna merah.

Bahkan, rambut bercabang juga akan terlihat lebih kusut, kering dan tidak sehat.

Sebagian besar, wanita-lah yang sering mengalami permasalahan ini, jika dibandingkan dengan laki-laki. Yang jadi penyebabnya pun banyak, seperti minimnya perawatan rambut hingga faktor kondisi lingkungan yang ditempati.

Lebih jauh lagi, kurangnya mengonsumsi makanan bergizi serta kondisi cuaca yang panas, hal tersebut bisa menjadi faktor penyebab rambut anda bercabang. Namun demikian, rambut yang panjang biasanya lebih rentan terhadap masalah ini, dibandingkan rambut pendek.

Nah, selain beberapa faktor diatas, ada beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan rambut anda bercabang. Berikut ini penjelasannya.

Penyebab rambut bercabang

1. Penggunaan bahan kimia

Di zaman yang modern seperti sekarang ini, pemakaian produk rambut yang mengandung bahan kimia memang sulit untuk dihindari.

Seperti halnya sampo dan kondisioner, kedua produk tersebut dibuat dengan campuran bahan kimia. Tapi, semua itu akan baik-baik saja jika penggunaanya sesuai dengan aturan dan jenis rambutnya.

Seandainya anda pengguna sampo atau kondisioner tertentu, kemudian setelah menggunakan produk tersebut rambut anda jadi bermasalah, sebaiknya hentikan penggunaan produk-produk tersebut.

Anda bisa menggantinya dengan produk lain yang cocok, atau lakukan konsulitasi terlebih dahulu pada ahli rambut. Agar bisa mendapatkan produk sampo dan kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut anda.

2. Penggunaan hair dryer

Alat yang satu ini memang tergolong populer di kehidupan kita saat ini. Penggunaan hair dryer dapat membantu seseorang untuk mengeringkan rambutnya. Baik itu setelah mandi, atau selesai perawatan di salon.

Tapi, apakah anda tau dampak negatif dari hair dryer?

Nah, untuk menghindari dampak negatif hair dryer pada rambut, sebaiknya gunakan alat ini dengan tepat. Karena, jika tidak tepat, hal tersebut akan membuat minyak alami di kepala akan ikut mengering. Dimana minyak alami inilah yang akan menjaga kelembaban dan kesehatan rambut anda.

Lalu, apakah kita boleh menggunakan hair dryer?

Tentu saja boleh, asalkan, tidak dilakukan terlalu sering.

3. Menyisir rambut

Ketika rambut anda kusut dan kering, ada pantangan yang harus anda perhatikan agar rambut tetap sehat dan indah.

Pantangan itu adalah tidak menyisir rambut terlalu keras.

Ya, jika rambut anda masih dalam keadaan basah, sebaiknya jangan menyisir rambut terlalu keras. Hal itu akan membuat rambut anda rontok dan bercabang.

Di samping itu, untuk meminimalisir kerusakan pada rambut, sebaiknya gunakan sisir yang sesuai dengan jenis rambutnya. Hal itu juga bermanfaat untuk membuat kerusakan rambut tidak semakin parah.

4. Terjadi gesekan yang berlebihan pada rambut

Penyebab rambut bercabang yang keempat adalah adanya gesekan yang berlebihan pada rambut anda.

Hal ini biasanya terjadi karena cara mengeringkan rambut yang salah. Misalnya menggosok-gosok handuk pada rambut dan beberapa faktor lainnya.

Bukannya tidak boleh, anda bebas kok menggunakan handuk untuk mengeringkan rambut. Tapi, lakukanlah dengan hati-hati. Karena, jika anda menggosoknya terlalu keras, hal itu akan membuat rambut anda bercabang.

Nah, itulah keempat penjelasan singkat tentang penyebab rambut bercabang.

Oh iya, ada satu poin lagi yang harus anda perhatikan. Usia rambut juga bisa menjadi faktor penyebab rambut bercabang. Karena, semakin lama umur rambut, maka rambut tersebut akan mudah mengalami kerusakan.

0 komentar

Posting Komentar